Rumah Di Lahan Miring


Lahan miring sering dihindari untuk mendirikan bangunan, utamanya Rumah , Sebagian orang bahkan lekas-lekas menimbunkan tanah untuk membuatnya menjadi rata. Sebenarnya jika memiliki tanahyang miring tak perlu meratakannya,sebab kondisi itu dapat di sulap menjadi daya tarik utama Rumah kita.

Ada beberapa keuntungan yang dimiliki lahan miring :
Pertama : kita akan memiliki bentuk Rumah yang unik

Kedua : Harga Tanah yang miring cenderung lebih murah disbanding tanah landai.

Ketiga : Rumah yang berdiri diatas lahan miring cocok untuk orang-orang yang berjiwa muda dan memiliki selera seni

Keempat : Setelah kita berhasil membuat Rumah apik dengan memanfaatkan kontur tanah,nilai investasi property kita akan terdongkrak naik.

Membangun rumah di lahan yang miring cenderung membutuhkan jasa arsitek. Tanah yang miring biasanya akan menantang kreativitas sang arsitek. Pada kontur tanah yang tak rata, kita bisa mengeksplorasi ruangan dan menciptakan tempat-tempat yang unik. Meski demikian, setiap ruangan harus diatur agar tak merepotkan penghuninya kelak.
Umumnya, rumah yang berdiri di tanah yang miring dirancang dengan pengelompokan ruangan berdasarkan fungsi. Semisal, ruang keluarga terletak sebidang dengan ruang tamu atau dapur dengan ruang makan. Pengelompokan ini bertujuan agar rumah menjadi efisien dan efektif.

Rumah di tanah berkontur biasanya akan menggunakan banyak tangga untuk menyatukan ketinggian tanah yang berbeda-beda. Selain itu arsitek akan mengusulkan adanya Split Level atau Mezzaine. Namun, jika tanah tidak terlalu miring, Mezzaine tak terlalu diperlukan.

Bagaimana dengan gaya rumah? Rumah di lahan miring umumnya bergaya minimalis modern. Kita bisa memiliki tiga lantai di level tanah yang berbeda. Contohnya, lantai satu ada dibawah level tanah, lantai dua sejajar level tanah, dan lantai tiga diatas level tanah. Dilantai tiga, arsitek dapat menerapkan jendela-jendela besar. Selain itu, kita dapat pulamengeksplorasi pencahayaan, di dalam dan luar ruangan. Lampu-lampu yang dipasang tak hanya untuk penerangan, tetapi dapat juga berfungsi sebagai aksen rumah

Yang harus diperhatikan pada tanah miring adalah kecendrungan tanah yang kurang stabil. Oleh sebab itu, system drainase harus dibuat dengan baik. Beberapa tanaman juga bisa ditanam untuk mencegah longsor, misalnya bamboo dan pohon mangga. [*/TYS]


0 comments:

Post a Comment